Rabu, 26 Oktober 2011

Tips Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang umum diderita oleh sebagian orang dewasa ini, apalagi warga yang tinggal di perkotaan. Sebenarnya, darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang dapat dikontrol, asalkan kita rajin untuk menjaga kesehatan. Penyakit darah tinggi jika dibiarkan dalam jangka panjang, dapat menjadi penyebab adanya berbagai macam jenis penyakit lainnya seperti jantung, pembuluh darah, ginjal dan bahkan dapat merusak otak.

Penanganan yang tepat untuk menghindari penyakit darah tinggi dapat membantu anda memperoleh kesehatan yang maksimal. Salah satu cara untuk menghindari darah tinggi yaitu dengan menjaga berat tubuh ideal, dan melakukan sejumlah aktifitas sederhana seperti berikut ini :

1. Lakukan Olah Raga
Upayakan olah raga ringan rutin di pagi hari selama 30 menit saja. Olah raga ringan yang bisa Anda lakukan adalah jogging, jalan kaki, bersepeda santai , berenang , senam, atau aerobik. Jalani olah raga ringan ini dengan hati yang gembira dan banyak tersenyum.

2. Makan Makanan Yang Mengandung Kalium
Untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi , Anda juga bisa melakukan diet yaitu dengan memakan makanan yang mengandung Kalium , karena Kalium bermanfaat bagi tubuh untuk menekan kandungan garam yang kita makan dari makanan yang kita konsumsi . Usahakan untuk sering memakan buah pisang ( mengandung : 422 mg Kalium ), kentang panggang dengan kulit ( mengandung : 738 mg Kalium ), Jus buah jeruk ( mengandung : 496 mg Kalium per gelas , Yougurt ( mengandung : 531 mg kalium per botol ).

3. Kurangi Penggunaan Garam Berlebih Pada Makanan
Jika Anda membeli makanan kemasan di supermarket , coba dilihat kandungan di natrium yang tertulis di kemasan. Perlu diketahui bahwa penderita hipertensi batas asupan garam yang direkomendasikan adalah 1500 mg per hari. Kenapa kita musti tetap mengkonsumsi garam karena garam mengandung Natrium yang diperlukan oleh tubuh kita.

4 . Jangan Merokok
Sebenarnya anjuran untuk tidak merokok berlaku untuk semua orang baik yang sehat , apalagi yang sakit. Perlu diketahui bahwa perokok lebih beresiko tinggi mengidap penyakit hipertensi daripada orang yang tidak merokok. Jika Anda mengidap penyakit hipertensi dan masih sering merokok , usahakan berhenti merokok sama sekali karena dengan tidak merokok dapat menurunkan tekanan darah Anda

5. Jaga Berat Badan Ideal
Penelitian medis menunjukkan bahwa dengan menjaga berat badan ideal maka kerja jantung akan normal dan bisa menekan tekanan darah tinggi Anda. Akan tetapi sebaliknya, jika Anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan maka hal ini akan membuat kerja jantung Anda menjadi lebih berat karena banyak lemak menumpuk di saluran pembuluh darah Anda. Oleh karena itu, jagalah tubuh supaya tetap langsing.

6. Jangan Minum Atau Makanan Yang Mengandung Alkohol
Hindari minuman dan makanan yang yang mengandung alkohol, contohnya : minuman bir, tape, sake. Karena mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko penyakit hipertensi.

7 . Lakukan Relaksasi Untuk Menghindari Stress
Untuk menghindari stress maka Anda perlu melakukan relaksasi . Adapun cara relaksasi yang diajurkan adalah berdoa dan selalu ingat kepada Tuhan, senam jasmani, senam yoga, jalan di pagi hari, Olah raga pernapasan, dan meditasi. Jika Anda bisa menjalankan program relaksasi tersebut maka dapat membantu mengendalikan detak jantung Anda sehingga bisa mengurangi tekanan darah Anda.

8 . Hindari Minuman Kopi Atau Minuman Yang Mengandung Kafein
Bagi orang yang sehat saja, terlalu banyak minum kopi adalah hal yang tidak baik bagi kesehatan, apalagi bagi penderita hipertensi. Karena kandungan kafein dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

9 . Perbanyak Minum Air Segar
Dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 2.5 liter setiap hari, maka dapat meningkatkan kebugaran tubuh kita. Ingatlah, bahwa organ tubuh tersusun dari rangakaian sel yang membentuk jaringan, dan air adalah salah satu unsur terbanyak dan terpenting dalam pembentukan dan perkembangan sel.

Itulah sejumlah tips mengatasi tekanan darah tinggi, cara yang sederhana namun membawa dampak yang baik bagi kesehatan dan tentunya terhindar dari penyakit darah tinggi. Untuk anda yang ingin memaksimalkan kembali dan memperoleh kesehatan juga terhindar dari penyakit darah tinggi, pilih xamthone plus yang terbuat dari jus kulit manggis yang memilki manfaat juga kandungan yang tepat dan baik bagi kesehatan tubuh. Untuk informasi lainnya mengenai obat alami darah tinggi, klik disini dan untuk pemesanannya klik cara pembelian

baca juga artikel kami lainnya : tips konsumsi makanan sehat

4 komentar:

  1. Sebenarnya, darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang dapat dikontrol, asalkan kita rajin untuk menjaga kesehatan

    BalasHapus
  2. anda yang ingin memaksimalkan kembali dan memperoleh kesehatan juga terhindar dari penyakit darah tinggi, pilih xamthone plus ..

    BalasHapus
  3. percayakan pada xamthone plus yang alami mengatasi penyakit anda karena yang alami tanpa efek samping ..
    xamthone plus bisa menjadi obat darah tinggi herbal

    BalasHapus