Jumat, 23 Desember 2011

Bahaya makan gorengan

Waspadai bahaya makan gorengan

khusus nya yang suka gorengan harus agak di kurangan deh ,karena makan gorengan tidak baik untuk kesehatan kita karena gorengan mengandung lemak,dan Bukan rahasia lagi kalau bahaya makanan gorengan adalah makanan yang tidak sehat untuk tubuh karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi. Gorengan membawa efek yang tidak baik untuk saluran tenggorokan dan juga pencernaan.kita ,emang sih gorengan itu sangat enak untuk di cemil nya tapi kalo bisa aga di kurangan deh dan jaga kesehatn kita

Bahaya makan gorengan  untuk kesehatan

Bahaya gorengan
Bahaya gorengan

Bahaya makan gorengan Siapa yang tak kenal jajanan yang satu ini? yah gorengan selalu dapat menjadi teman disaat santai sambil melakukan aktivitas lain seperti membaca, menonton film sampai kegiatan nongkrong di warung-warung kopi bersama rekan-rekan. Namun tahukah anda bahwa mengkonsumsi cemilan yang satu ini secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan? Jika belum, coba simak dan mulai saat ini hati-hati apabila makan gorengan.

Kadang kita temui gorengan yang dijual di pinggir-pinggir jalan maupun tempat favorit kita memiliki warna yang hitam tak seperti biasanya, bahkan saat dipegangpun teksturnya keras dan saat itu juga kita bergumam ” koq gak kayak kemarin-kemarin ya?”. Nah itu adalah tanda-tanda bahwa gorengan yang akan anda beli bermasalah.

Bisa jadi gorengan tersebut adalah sisa dari dagangan kemarin yang tidak habis, dan digoreng lagi oleh penjualnya. Dan tidak disitu saja, warna hitam yang kadang kita temui di gorengan tersebut adalah hasil penggorengan dari minyak yang sudah dipakai berulang kali atau kita lebih akrab menyebutnya dengan minyak jelantah. Lanjut permasalahan juga timbul apabila pembungkus dari gorengan tersebut adalah kertas bekas ataupun kantong plastik berwarna yang sudah terbukti tidak aman untuk dijadikan pembungkus makanan.

Berikut adalah potensi bahaya yang ditimbulkan saat kita mengkonsumsi gorengan menurut Kepala BPOM Palembang M Ali Bata Harahap seperti dikutip okezone.com, minggu (21/02)

Bahaya Minyak Jelantah.
Kualitas minyak jelantah menurun dari minyak goreng baru. Minyak jelantah mengeluarkan kandungan polimer yang dapat terserap dalam makanan berupa asam lemak trans. Dan dalam minyak jelantah terdapat zat radikal bebas, seperti peroksida dan epioksida yang mutagen dan karsinogen sehingga berisiko terhadap kesehatan manusia. Misalnya saja, gangguan peroksida pada minyak jelantah mengakibatkan pemansana suhu tinggi hingga menggangu kesehatam, terutama yang berhubungan dengan metabolisme kolesterol.
Bahaya Kertas Bekas Pembungkus Makanan.
Kertas bekas seperti koran, majalan atau ketas yang sudah tercampur tinta sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena di dalam tinta terdapat timbal yang bersifat racun. ” Bila terkena panas atau minyak gorengan, tinta dapat larut dalam makanan” Ungkap M Ali Bata Harahap.
Bahaya Akut Jangka Pendek.
Bahaya makan gorengan yang telah tercemar timbal apabila dimakan dapat menyebaban rasa terbakar pada mulut dan kerongkongan, pengeluaran air liur secara berlebihan, sakit perut disertai rasa mulas yang hebat, muntah, diare dengan tinja berwarna hitam, berdarah, susah buang air besar, merasa kelelahan, gangguan tidur, gelisah, lekas marah, gangguan ginjal, gangguan otak dengan penglihatan, kesemutan, kejang hingga mengalami kelumpuhan. ” Kematian dapat terjadi akibat gagal jantung” katanya.
Bahaya Kronis Jangka Penjang.
Bila tertelan, paparan timbal yang dikonsumsi berulang dalam jangka lama meski dalam jumlah sedikit dapat menyebabkan akumulasi dalam jaringan tubuh, yaitu pada tulang gigi, hingga ke otak dan dapat pula menimbulkan efek pada ginjal, hati, darah, saraf, alat reproduksi dan endokrin dari sistem kekebalan tubuh. ” Tahap awal dari keracunan timbal ditunjukkan dengan kehilangan nafsu makan dan kehilangan berat badan” tambahnya.
Setelah kita menyeimak bahaya nya gorengan Demikian penjelasan mengenai bahaya makan gorengan  diharapakan anda bisa lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan yakni dengan membiasakan pola hidup sehat diantaranya dengan pola makan yang teratur, istirahat dan olaharaga yang teratur.
 
artikel kesehatan lain nya:
Obat Alami Asam Urat
XAMthone

37 komentar:

  1. mari kita herbalkan indonesia..........

    BalasHapus
  2. artikel yang mengajak kita untuk selalu hidup sehat...

    makasih atas infonya..

    salam kenal dan salam sehat

    BalasHapus
  3. artikel yang teramat sangat bagus buangggetzzzzzssss.....

    BalasHapus
  4. terimakasih atas informasi yang sangat menarik....


    salam sukses selalu.....

    BalasHapus
  5. trimakasih atas informasinya..

    sangat bermanfaat...

    artikel keren...

    BalasHapus
  6. isi beritanya bermanfaat buat saya
    thanks

    BalasHapus
  7. makasih pa berita sehatnya.. salam sehat

    BalasHapus
  8. mohon ijin untuk numpang kenalan dan sedikit kasih ucapan : "AMAZING and GOOD" untuk website yang banyak menyajikan berbagai informasi yang akurat dan menarik seperti ini..

    BalasHapus
  9. pagi
    hari ini cerah pas buat membaca berita.
    makasih

    BalasHapus
  10. terimakasih berita sehatnya..
    minal aidzin

    BalasHapus
  11. mantap deh beritanya. sehat lebih baik.

    BalasHapus
  12. setelah membaca, alhamdulillah sehat.

    BalasHapus
  13. salam sehat
    terimakasih atas berita obat herbal nya

    BalasHapus
  14. thanks information... mantap sekali situsnya

    BalasHapus
  15. obat herbal memang pilihan yang tepat..
    makasih

    BalasHapus
  16. berita seputar kesehatannya lebih mantap . thanks ya

    BalasHapus
  17. isi artikelnya memberikan tujuan kpada kita agar lebih sehat

    thanks sob

    BalasHapus
  18. sajian berita terbaik dan sehat . he

    BalasHapus
  19. awesome, nice blog on the contents of the article as good

    BalasHapus
  20. terimakasih banyak untku semua beritanya.
    salam sehat

    BalasHapus
  21. banyak sekali bahaya gorengan ini ternyata ya...

    BalasHapus