Minggu, 23 Oktober 2011

10 Kebiasaan Penyebab Diabetes Mellitus

Banyak orang beranggapan jika diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh orang tua atau penyakit yang hanya timbul karena faktor keturunan. Sebenarnya tidak, setiap orang dapat mengalami penyakit diabetes mellitus.

Ada banyak faktor penyebab terjadinya diabetes. Namun dari sejumlah penelitian dikemukakan bahwa faktor utama penyebab diabetes yaitu perubahan gaya hidup yang kurang sehat. Gaya hidup yang kurang sehat antara lain suka makan makanan cepat saji (fast food), makanan yang berlemak dan banyak mengandung gula seperti es krim, soft drink, permen dan aneka kue tart.

Selain itu perilaku suka merokok, minum minuman beralkohol, kurang gerak dan kurang olahraga juga menjadi pemicu terjadinya diabetes. Berikut ini ada 10 kebiasaan penyebab diabetes mellitus, yaitu :

1) Merokok
Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik selain minum minuman beralkohol. Merokok dapat menjadi pemicu terjadinya diabetes. Selain merusak paru-paru, merokok juga dapat merusak hati dan pankreas dimana hormon insulin diproduksi sehingga dapat mengganggu produksi insulin di dalam kelenjar pankreas.

Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa risiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen. Disebutkan pula bahwa naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh rokok, tetapi kombinasi berbagai gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan dan olahraga.

2) Kurang tidur
Kurang tidur dapat menyebabkan berkurangnya sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mudah terserang penyakit dan metabolisme jadi terganggu.

Selain itu kebiasaan begadang sambil minum kopi dan merokok mempunyai resiko terkena penyakit diabetes. Oleh karena itu hindarilah kebiasaan begadang, istirahatlah secara cukup, yaitu 8 jam dalam sehari agar tubuh dapat fit kembali.

Hasil riset para ahli dari University of Chicago mengungkapkan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis. Artinya, risiko diabetes meningkat. Kurang tidur juga dapat merangsang sejenis hormon dalam darah yang memicu nafsu makan. Didorong rasa lapar, penderita gangguan tidur terpicu menyantap makanan berkalori tinggi yang membuat kadar gula darah naik.

3) Makan terlalu banyak karbohidrat dari nasi atau roti
Perlu Anda ketahui bahwa tubuh mempunyai kemampuan yang terbatas dalam mengolah makanan yang Anda makan. Jika Anda makan terlalu banyak karbohidrat, maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk gula dalam darah (glikogen). Jika hal ini berlangsung setiap hari, maka dapat dibayangkan besarnya penumpukan glikogen yang disimpan dalam tubuh. Inilah pemicu awal terjadinya gejala diabetes.

4) Stres
Stres juga dapat memicu terjadinya diabetes. Hal ini disebabkan karena kelenjar adrenal yang bertugas mengatur tingkat gula dalam darah menjadi tidak stabil karena stres. Akibatnya hormon insulin menjadi kewalahan dalam menstabilkan gula dalam darah.

Untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan olahraga secara teratur dan makanan yang banyak mengandung vitamin seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

4) Kurangnya aktivitas fisik
Gaya hidup naik mobil ketika berangkat kerja, naik lift ketika berada dikantor, duduk terlalu lama di depan komputer serta kurangnya aktivitas fisik lainnya membuat sistem sekresi tubuh berjalan lambat. Akibatnya terjadilah penumpukan lemak di dalam tubuh yang lambat laun berat badan menjadi berlebih.
Sebagai pencegahan, Anda dapat memperbanyak aktivitas fisik selama bekerja. Misalnya jalan kaki ketika berangkat ke kantor, naik tangga, melakukan senam ringan sehabis duduk terlalu lama dan lain-lain.

6) Umur
Umur juga dapat menjadi penyebab terjadinya diabetes. Biasanya orang yang telah berumur 40 tahun ke atas lebih beresiko terserang diabetes karena pada usia tersebut produksi insulin telah berkurang. Terlebih lagi jika orang tersebut mengalami masalah kegemukan sehingga kebutuhan insulin semakin besar padahal insulin yang dihasilkan tubuh sudah jauh berkurang.

7) Virus
Pada penderita diabetes yang berusia masih muda, biasanya penyebab terjadinya diabetes yaitu karena virus. Perlu Anda ketahui bahwa virus ini mampu merusak sel-sel penghasil insulin sehingga dapat menimbulkan peradangan pada kelenjar pankreas. Akibatnya hormon insulin tidak dapat keluar.

8) Minum minuman soda
Secara klinis minuman soda tidak baik untuk kesehatan karena soda bersifat basa sedangkan lambung kita bersifat asam sehingga dapat mengganggu enzim-enzim metabolisme tubuh. Selain itu kandungan gula yang berlebihan dalam minuman soda dapat memicu terjadinya diabetes.

9) Keturunan
Diabetes juga dapat disebabkan karena faktor keturunan atau genetika. Biasanya jika ada anggota keluarga yang menderita diabetes, maka kemungkinan besar anaknya juga menderita penyakit yang sama. Para ahli diabetes telah sepakat menentukan persentase kemungkinan terjadinya diabetes karena keturunan. Jika kedua orang tuanya (bapak dan ibu) menderita diabetes, maka kemungkinan anaknya menderita penyakit diabetes yaitu 83%. Jika salah satu orang tuanya (bapak atau ibu) adalah penderita diabetes, maka kemungkinan anaknya menderita penyakit diabetes yaitu 53%. Sedangkan jika kedua orang tuanya normal/tidak menderita diabetes, maka kemungkinan anaknya menderita penyakit diabetes yaitu 15%.

10) Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula
Akhir-akhir ini banyak sekali makanan dan minuman yang banyak mengandung gula seperti es krim, sirup, minuman dalam kemasan, permen, aneka jajanan kue dan lain-lain. Semua makanan dan minuman tersebut kadang tanpa kita sadari mengandung banyak gula. Yang patut diwaspadai adalah gula yang terkandung dalam makanan dan minuman tersebut tidak pernah kita ketahui berapa takarannya. Berbeda jika kita minum teh atau kopi buatan sendiri, yang sudah diketahui berapa sendok teh takarannya. Kita boleh minum teh manis dan kopi selama dalam batas yang wajar.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes, yaitu : pola makan yang salah, gaya hidup yang kurang sehat, umur, dan kelainan genetik. Sedapat mungkin kita harus mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu terjadinya diabetes.

Untuk anda yang saat ini sudah terkena penyakit diabetes mellitus, kami memberikan solusi terbaiknya. Konsumsi obat alami diabetes mellitus yang terbuat dari ekstrak kulit manggis yang dipercaya dan memiliki sejumlah khasiat untuk berbagai macam penyembuhan penyakit, seperti diabetes mellitus. Mengapa demikian?? alasannya yaitu karena di dalam xamthone plus mengandung antioksidan yang sangat kuat. Jumlah antioksidan hadir dalam manggis menawarkan beberapa manfaat bagi penerita diabetes mellitus khususnya dalam meningkatkan sistem kekebalan dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah .

Antioksidan adalah molekul yang dapat dengan aman berinteraksi dengan radikal bebas dan dengan demikian mencegah kerusakan sel tubuh. Salah satu fungsi dan manfaat manggis : MENGOBATI DAN MENCEGAH DIABETES.

Untuk informasi selengkapnya mengenai obat alami diabetes mellitus, klik disini dan untuk informasi pemesanannya klik cara pembelian

bca juga artikel lainnya : pantangan makanan penderita diabetes mellitus

9 komentar:

  1. nah, apa ada salah satu kebiasaan anda yang tercantum diatas..? yuk mari kita hindari dari sekarang..

    BalasHapus
  2. sipp dech informasi yang cukup bermanfaat sekali nich....

    BalasHapus
  3. selain dari menjauhi kebiasaan tersebut, alangkah baiknya bila minum xamthone plus...

    BalasHapus
  4. Ingat terus akan 10 Kebiasaan Penyebab Diabetes Mellitus diatas

    BalasHapus
  5. lebih baok mencegah dari pada mengobati ..
    akan tetapi Xamthone siap untuk mencegah maupun mengobati ...

    BalasHapus
  6. info yang bagus dan bermanfaat.......

    BalasHapus